Senin, 03 September 2012

bangkrut

Tetangga saya curhat sama saya, dia sakit hati sama omongan salah satu saudara saya yang bilang dia bangkrut.

awalnya, tetangga saya itu, suaminya adalah penjual ikan laut. memang suaminya itu tidak punya modal, jadi hanya bisa menjual ikan2 hias laut yang bagus2. karena ulet, suaminya itu kadang dapat untung besar dari hasil penjualannya.

karena beberapa kendala bisnis, ketika pertengahan Ramadhan kemarin, tiba-tiba dia menjual kulkas. katanya uangnya buat keperluan sehari2. seperti kita tahu kalau bulan puasa itu, justru pengeluaran bisa 2x lipat. tapi dia malah menjual kulkas dan hanya dapat 400rb. ternyata, setelah ditanya2, kendala bisnis suaminya itu begitu parah, sampai2 si suami tidak masuk kerja. yang otomatis dia tidak punya uang.

wah kasihan sekali saya. sudah susah, dikatain bangkrut pulak. bukannya dibantuin (rumah saudara saya itu berbeda 2 rumah dari kontrakannya).

sedih saya. bukan sedih sama tetangga saya, tapi sedih sama saudara saya.

KENAPA?

karena dia tidak pernah berwirausaha. jadi tidak pernah merasakan bangkrut. padahal kalau jiwa dia pengusaha, setiap kali dia bangkrut haruslah dia senang. karena pelajaran dari kegagalan adalah jejak awal keberhasilan.

ga percaya?

kalau kita bangkrut, otomatis 'ikat pinggangnya dibuat makin kencang'. sistem yang bobrok makin diperbagus. sales perharinya makin ditingkatkan. sistem keuangan ditinjau ulang. berusaha menarik pelanggan baru yang lebih banyak lagi. dan otomatis kita akan lebih cerdas berbisnis.

tidak ada yang mau bangkrut. bangkrut itu pahit. mengundang hinaan dan tanggapan miring orang. tapi teh pun pahit, tapi banyak yang suka, bagus buat kesehatan. bangkrut juga begitu. bagus buat kesehatan bisnis. orang yang tidak pernah berbisnis atau mental wirausaha, tidak pernah tahu rasanya.

sekarang si tetangga sedang berusaha ngumpulin duit di kampung. dia ingin menumbuhkan lagi usahanya. bangkrut juga mengajarkan kita untuk tidak menyerah dan positif thinking. jadi yang mau terapi positif thinking, coba buka usaha, walau kecil, asal untung besar dan berkah. pasti lama2 pikiran akan berubah lebih terang dan positif.

jadi kalau lain kali ketemu bangkrut, selamat! Anda berada di gerbang kesuksesan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar