Selasa, 27 November 2012

suka bertanya

saya sendiri orang yang suka bertanya, tapi  kadang orang yang saya tanya suka risih juga. terus kalau saya tidak mendapat jawaban, saya menggerutu. dan makin penasaran.

saya kena batunya kemarin dulu.

saya punya teman yang suka bertanya juga. tapi bedanya dia suka bertanya nya berhari2.
dan dengan pertanyaan yang sama.
padahal saya sudah jawab, tapi dia terus menanyakan hal yang sama setiap hari, walau dengan kalimat berbeda tapi intinya sama.
jadi kesel lama2.

akhirnya saya mengerti perasaan orang yang saya tanyai. apalagi kalau saya bawel nanya nya.
hehe..

btw, memangnya salah bertanya? ah tentu tidak.
kalau tidak bertanya nanti sesat di jalan. saran saya, banyak2 nanya ke sopir angkot atau bus, biar tidak tersesat di jalan.

untuk soal belajar, setiap pelajaran usai, nanya aja ke gurunya. misalnya tanya, "Pak, saya sama sekali enggak ngerti apa yang bapak omongin dari tadi, boleh saya minta waktunya pas jam pulang untuk ngajarin saya secara langsung supaya saya ngerti?"

wah keren nih kalau begini.
apalagi kalau gurunya itu keren atau ganteng, atau cantik. makin betah deh.

atau kalau dalam sebuah miting brainstorm, enggak ngerti, langsung aja tunjuk tangan, bilang,"Saya enggak ngerti pak! Ulangi lagi boleh tidak?"
insya Allah deh..
insya Allah rekan2 jadi sebel..

tidak salah bertanya, tapi jangan jadi orang yang kebanyakan nanya. jadinya malah bertanya hal yang tidak penting. kalau tidak dapat jawaban, cari lah source yang lebih kompeten. misalnya google. hehe..
kalau sudah mati rasa, tidak mau bertanya itu malah gawat.
karena tidak ada rasa ingin bertanya, akan mematikan kreatifitas dan bikin otak jadi bodoh.
main nrimo saja, main glek telen saja, wah.. jangan...
sayang dong otak kita ini.

buatlah pertanyaan yang sesuai, dengan subjek yang sesuai dan kalimat yang sesuai juga.
agar tidak berbelit dan orang yang ditanya tidak risih dan tersinggung. dan jawaban yang didapat bisa memuaskan.

jangan juga jadi malas atau malu bertanya.
seperti saya bilang di atas, malu bertanya, ya sesat di jalan. paling tidak kalau malu nanya sopir angkot, ya.. klik search di google maps.

rajin2 lah bertanya dengan pertanyaan yang cerdas. agar mendapat jawaban yang diinginkan.
selamat bertanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar